Sabtu, 13 Juni 2009

Penghemat BBM dengan HCS

Salah satu penghemat BBM dengan basic Hydrogen adalah HCS, apakah HCS itu ? Berikut kutipan dari Forum.detik.com :

"Apakah hydrocarbon crack system , HCS adalah sistem memecah atom hydrocarbon ( bahan bakar premium atau pertamax) menjadi atom hydrogen H2 dan carbon C dengan cara menggunakan pipa Katalis yang dipanaskan. Panas luar/ exothermic dari mesin internal combustion (mesin kendaraan) itu sendiri yaitu dari panas blok mesin maupun dari knalpot yang bisa mencapai temperatur hingga 400 derajat C. HCS ini sangat efektif jika dipakai untuk power suplemen pada kendaraan bermotor sebagai penghemat bbmnya. Hydrogen yang digunakan adalah dari bbm Premium atau Pertamax yang biasa kita isikan pada kendaraan bermotor. Hcs hanya membutuhkan 5 sampai 10% dari tangki kendaraan dan bisa menghemat minimal 50% sampai 90% lebih tergantung membuka keran nya.

Cara pengoperasian alat ini dengan mengisikan
300cc premium kedalam botol plastik (seperti halnya cara hydrogen air yang sedang populer saat ini) kemudian uap bbm ini disalurkan ke intake Carburator dengan melalui sebuah pipa Katalis yg bisa memecah premium menjadi hydrogen rich dan menghisap unsur paktikel carbon sehingga nantinya pada knalpot / gas buang unsur carbon monoxida bisa berkurang secara significan dan hydrogen sebagai penambah oktan pada kendaraan tersebut. Dengan Crack hydrocarbon system anda bisa menghasilkan gas hydrogen (H2) sampai 3-5 LPM H2 (liter per menit) Kenapa terjadi penghematan pada bbm pada kendaraan anda ? hal ini sebenarnya secara tidak terasa pengendara / pengguna yang biasa menarik/memutar tuas gas sampai dalam, kali ini hanya menarik /memutar tuas gas sedikit saja kendaraan sudah melaju kencang ,ini yang menyebabkan konsumsi bbm pada lubang sprayer (sepuyer :bhs jawanya) carburator hanya mengeluarkan bbm lebih sedikit sehingga bbm secara tidak terasa konsumsi bbm kendaraan menjadi irit abiss Coba hitung2 irit: umpama kita gunakan 5% (50ml) saja dari tangki 1 liter premium untuk dipecah jadi hydrogen (H2) dan dialirkan ke karburator melalui pipa katalis (harus) maka bisa menghemat 70% sehingga net 65% hemat karena 5% sudah kita ambil, coba apabila 5% premium kita kembalikkan ke tangki anda tidak akan mendapatkan penghematan sama sekali.
Pipa katalis disini memegang peran sangat penting dapat juga sebagai Fire Flashback yang biasa dialami oleh tukang las yaitu gas balik (seperti letupan karbit) , sehingga anda tidak akan pernah mengalami fire flashback dari percikan api busi dari piston anda ke alat penghemat tadi.
Membuat Pipa Katalis, literatur diambil dari: Data dari US patent Abstract katalis : hydrocarbon to H2 high purity Maaf nomer patent tidak saya sebut anda bisa cari sendiri di internet. Pipa katalis terbuat dari silinder tembaga dengan panjang 10 sampai 13cm yang berisi antara lain serbuk alumina oxide dibungkus dengan saringan nikelin (nickel)dan lempeng platimun ( platina ) di lingkaran luar dan + rutherium (pada tekanan 70 - 150 psi ) masing2 disekat setrimin stailess steel sebagai anti Flashback Sangat sulit dan mahal untuk dibuat tetapi informasi ini bisa anda cermati pada us patent tersebut Sehingga saya bisa mengganti bahan2nya yang lebih sederhana dan murah mudah didapatkan, tentu saja dengan waktu dan uang percobaan ber puluh2 kali dengan cara mengganti isi katalis tersebut sampai berhasil meledakkan hasil gas nya. dari vakum intake spedamotor tekanan nya adalah minus (-) 20 -30 psi
Kenapa H2 dari Hydrocarbon ( premium atau pertamax ) lebih menguntungkan ?
Anda tahu dan bisa cari rumus kimianya premium atau pertamax ? anda bisa cari di internet dengan search gasoline chemical formula / blended gasoline Premium rumus kimianya adalah C8H18 Pertamax rumusnya C10H24 (maaf kalo salah tulis) Mari kita lihat premium atau C8H18 jika di crack atau diurai atomnya 8 Carbon dan 18 atom hydrogen (H2) , apabila H2O (air) di pecah atomnya dengan elektrolisa adalah oksigen 1 atom dan H2 2 atom, sehingga untuk menyamai atom premium anda harus kalikan 9 kali H2O yang dielektrolisa atau dengan cara menaikan arus dc elektrolisa sampai 9 kali, contoh jika sebuah hydrogen elektrolisa 3 amper sudah menghasilkan gelembung hydrogen (H2) maka 3X9=27 amper elektrolisa tadi hasil hydrogen nya baru bisa menyerupai H18 Dengan alasan sumber listrik pada kendaran tidak cukup memadai apabila di ambil arus sampai 27amper maka gas hydrogen dengan cracking Premium dan atau pertamax lebih efisien dan tidak mahal, memang cara ini tidak merupakan penghemat dengan cara non fosil fuel supelmen tetapi untuk trik penghemat bbm pada saat ini akan lebih nyata2 menguntungkan.

Saat ini saya sudah mencoba pada kenda
raan sepeda motor dan mobil Dan hasilnya sangat memuaskan
Honda supraX 2007 bisa 111km/L

Hon
da Kharisma 125cc 100km/L
Yamaha VEGA R rata2 80-85km /L
Honda Vario rata2 55 -57 km/L
Yamaha Mio rata2 49 – 52 km /L

Suzuki smash 100 km /L dg speed 40-60km/j

Sanex Mocin matic 54 km /L aslinya 25km/j

Mobil Honda accord 81 sebelum 9km/l bisa menjadi 15,5km/ L
"

Oleh sang penemu, Bapak Hari, atau yang biasa dipanggil De hari ini, HCS alat buatannya di claim mampu memberikan penghematan BBM 50% sampai 90%, dan dari data diatas bahkan ada yang tembus 100%.

PEMASANGAN PADA MOTOR HONDA SUPRA X 125
Menggunakan Tabung reservoir radiator mobil kijang (volume 1 lt) yang kemudian di isi Pertamax 300 cc. Jika anda membeli paket HCS untuk motor, anda akan mendapatkan tabung ukuran kecil, dengan pemakaian tabung ukuran besar diharapkan umur pertamax lebih panjang.
Bekas filter bensin berfungsi menampung luapan pertamax pada saat kendaraan berhenti. Selain itu filter bensin juga berfungsi sebagai filter udara yang masuk ke tabung sehingga bekas pertamax yang sudah basi pun tetap bersih dari kotoran dan debu. Dibawah filter bensin dipasangkan One way valve sehingga Pertamax tidak akan meluap keluar.

Salah satu syarat alat ini bekerja maksimal adalah Catalys HCS mendapatkan panas yang maksimal, untuk itu, catalys di klem pada leher knalpot.
Pada gambar ditunjukkan catalys HCS dibungkus dengan alumunium bekas kaleng minuman dengan harapan panas yang diterima catalys dapat maksimal.






Pada Honda Supra X 125 ini, anda tidak perlu repot mencari lubang Vakum pada intake manifold. Di sebelah kanan intake terdapat selang fakum yang dapat langsung disambungkan dengan conector T yang terdapat pada paket penjualan. Sayangnya untuk Air mix anda harus membeli sendiri valvenya karena tidak berikut kedalam paket untuk sepeda motor. Memang demikian karena sejatinya untuk sepeda motor tidak perlu menggunakan air mix, karena screw pengatur udara pada karburator mudah dijangkau dengan obeng kecil.
Kenapa saya pasang Air Mix ?
Dengan tujuan memudahkan penyetelan jika suatu saat Pertamax yang di tabung sudah basi, maka saya tidak perlu mencari obeng kecil untuk menyetel karburator. Jika kita lihat kembali diagram pemasangan HCS di awal, Air mix dilengkapi dengan Air stone, sehingga udara yang masuk tersaring melewati air stone tersebut. Namun mengingat kondisi Jakarta yang kemungkinan banjir, maka saya tidak menggunakan air stone karena takut air dapat terhisap masuk melalui air stone. Lalu, Box Filter udara bagian belakang saya lubangi, kemudian selang dari Valve Air mix dimasukan ke lubang tersebut. Dengan demikian udara yang terhisappun udara bersih, dan yang pasti tidak takut banjir.

PENYETELAN :
Pastikan kondisi motor sebelum dipasangi HCS sudah normal, termasuk setelan udara pada Karbu. Dengan kondisi mesin panas, buka kran yang ada di tabung HCS sampai terasa penurunan RPM (jangan sampai mesin mati). Kemudian buka kran Air Mix perlahan sampai RPM tertinggi didapat. Normalkan kembali putaran mesin dengan memutar Screw Idle pada Karburator.
Selengkapnya silahkan ikuti forum.detik.com
Selamat berhemat.

1 komentar:

AZIZ mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.